Saleha is me

Dalam Buku ini yaitu Saleha Is Me berisi tentang ajaran bagaimana menjadi perilaku yang baik sebagai seorang muslimah yang di cintai oleh Allah SWT. Di buku ini di awali dengan kata pengantar dan terdapat puisi yang menjelaskan apa itu saleha is me, puisi tersebut sebagai berikut :

Saleha is me..

Dia wanita yang beriman kepada Allah, amat mencintai Rasulullah.

Dia seorang putrid, istri, dan ibu pendidik mujahid mujahidah.

Dia istiqamah berbusana muslimah.

Dia khusyuk, dan jauh dari bermegah megahan.

Dia ramah dan penjaga amanah.

Dia hiasan dunia yang paling indah.

Dia wanita nan tengah dinanti-nanti oleh Raudhatul Jannah.

Dialah wanita saleha.

@Muslimah_talk

Puisi yang indah dan memberikan inspirasi dan aspirasi bagi muslimah yang membacanya.

Setelah kata pengantar, terdapat 6 Bab-bab/ 6 garis besar yang berisi hal-hal yang berupa motivasi, pembelajaran, tata cara menjadi muslimah yang baik dan bagus, dan kata-kata yang bernuansa islami serta cerita-cerita para muslimah di zaman Rasulullah dan Nabi-Nabi.

1. Pada Bab pertama yang garis besarnya yaitu “ Muslimah, Kau Begitu Berharga “. Di awal bab ini terdapat hadist yang memiliki arti sebagai berikut :

Sesungguhnya wanita adalah belahan tak terpisahkan dari kaum pria.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ad-Darimi, Ibn Majah)

Pada hadist di atas menjelaskan tentang wanita dan pria adalah satu yang dimaksud satu adalah dimana mereka diciptakan oleh Allah SWT menjadi sepasang suami-istri. Di alam semesta ini, ada hal yang menarik yang dapat kita lihat kemampuannya. Adanya pasangan-pasangan yang membentuk keseimbangan, sehingga apa saja yang tidak berpansangan akan mengalami masalah dalam menjalani kehidupannya. Ada atas, ada bawah. Ada siang, ada malam. Begitu pula manusia ada wanita dan pria.

Muslimah diciptakan oleh Allah SWT untuk menjalani peran kehidupan yang istimewa sebagai anak perempuan, seorang istri, dan seorang ibu hal ini telah dijelaskan dalam surat An-Nisa. An-Nisa adalh surat yang menerangkan khusus tentang wanita.

2. Di Bab kedua yang secara garis besarnya yaitu “ Cantikmu Terjaga “. 

Dalam bab ini terbagi 5 :

  • Hijab Syar’I, apa itu Hijab Syar’I, hijab adalah pakaian takwa. Pakaian yang diturunkan untuk muslimah sebagai menutup auratnya. Isi dari buku ini menjelaskan bahwa kita itu harus menutup aurat kita dengan benar, sesuai akan perintah Allah SWT dan Rasulnya. Seperti kita sebagai muslimah tidak boleh menggunakan pakaian yang ketat dan tipis yang dapat menggoda para pria, tutup kepala kita dengan menggunakan alas yang bernama jilbab, tutuplah dari kepala hingga bawah dada.
  • Say no to Tabarruj. “ Tabarruj adalah menampakan perhiasan dan anggota tubuh untuk menaruh perhiasan kepada laki-laki nonmahram. “ (Imam Ibnu Mandzur). Tabarruj itu seperti makeup dan menggunakan parfum yang berlebihan, mencabut alis, menyambung rambut, dan hal lain yang berlebihan dalam perhiasan.
  • Mengenal Fiqih Muslimah. Disini menjelaskan bagaimana tata cara atau apa saja yang harus kita lakukan sebagai muslimah jika ada masalah tentang kewanitaan seperti haid, keputihan, istihadah, dan nifas.
  • Curhatkan pada mahram. Curhat pada mahram bukan berarti curhat-curhat seperti anak muda yang lagi galau, melainkan siapa saja mahram para muslimah itu dan hal-hal yang kita lakukan hanya dengan mahram kita dan nonmahram.
  • Gibah adalah membicarakan orang lain dibelakang orang tersebut sama halnya dengan menggossip. Hal ini sebenarnya dilarang oleh Allah SWT dalam QS. AL-Hujurat: 12. Di dalam bab ini juga ada cara-cara menghindari dari sifat gibah ini.

    3. Selanjutnya bab tentang “ Pesonamu Dalam Samudera Ilmu “. Dalam bab ini menjelaskan bahwa seorang muslimah juga harus memiliki ilmu, mencari ilmu, dan menebarkan ilmu.

  • Ilmu merupakan mutiara berharga bagi seorang muslimah
  • Kewajiban menuntut ilmu
  • Macam- macam ilmu. Ilmu itu ada 2 ilmu dunia dan akhirat, yaitu ilmu pelajaran-pelajaran di dunia seperti halnya pelajar dan ilmu tabungan untuk akhirat yaitu ilmu agama.
  • Aplikasi ilmu. Ilmu yang telah kita dapat harus kita berikan lagi dan sebarkan ilmu itu kepada umat muslim lainnya.
  • Berprestasi dengan iman dan ilmu

Iman dan ilmu adalah pasangan serasi,

Dimana bila salah satu di antaranya berdiri sendiri,

Maka akan mengakibatkan kepincanagn dalam hidup,

Orang berilmu haruslah berlandaskan iman.

Berprestasi dengan iman dan ilmu,

Berprestasi untuk dunia dan akhirat.

Islam mengajarkan kita untuk hidup seimbang, maksudnya antara urusan duniawi maupun bersifat akhirat.

Dalam bab ini menjelaskan tentang ilmu, ilmu yang menyangkut agama maupun duniawi juga. Mereka saling berkaitan antara satu dengan yang lain.

4. Bab ke empat “ Ya Allah, Aku Ingin Taat, Aku Ingin Mendekat “

Hablum Minallah, manusia diciptakan tidak lain dan tidak bukan untuk menyembah Tuhan yang Esa yaitu Allah SWT. Hal-hal yang perlu kita lakukan yaitu Sholat, puasa, zakat, haji, membaca Al-Qur’an, berdo’a, zikir, dan ibadah kepada Allah SWT yang telah diajarkan dalam kitab-kitab-Nya serta Rasulullah SAW.

Hablum Minannash, hubungan dengan manusia yang lain juga harus diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan Hablum minalalam yaitu hubungan dengan alam.

Di Bab ke 4 ini menjelaskan tentang hubungan kita sebagai muslim dan muslimah harus berhubungan dengan tiga hal tadi Allah, Manusia, dan alam. Tata cara dekat dengan Allah juga diterangkan dalam bab ini, mencintai Rasulullah SAW, mempelajari sunah Rasul serta mengamalkannya. Bukan hanya tentang cinta Allah, Rasul, Manusia dan alam ada hal yang sangat penting dalam bab ini yaitu Birrulwalidain ( Berbakti kepada Orangtua ). Orang tua adalah perantara yang melahirkan kita kedunia ini tentunya dalam hal ini kita harus berbakti kepada mereka dan Rida Allah terletak pada Rida Orangtua.
5. Bab lima “Ketika Cinta Menyapa “

Di bab ini membicarakan sepasang kekasih yang saling mencintai karena Allah SWT, bukan karena nafsu atau apapun yang membuat kerugian dunia dan akhiratnya. Beberapa kisah-kisah percintaan pada zaman Rasulullah yang memberikan pelajaran kepada kita betapa indahnya cinta karena Allah SWT itu.

 Dalam AL-Qur’an tidak pernah mengenal yang namanya pacaran, yang ada hanyalah Ta’aruf dan nikah. Rasulullah SAW pun tak pernah mengajarkan umatnya untuk pacaran. Pacaran adalah hal yang sangat berbahaya, hanya nikmat di dunia sedangkan diakhirat mereka sengsara. Dijelaskan dalam bab ini tentang pacaran adalah ta’aruf sebelum menikah. Terdapat kiat-kiat ta’aruf islami yang benar dan semua hal-hal sebelum mengadakan pernikahan dalam ajaran islam.

6. Bab terakhir “ Wanita yang Dirindukan Surga “.

Wanita yang dirindukan Surga adalah wanita muslimah yang cinta akan Allah SWT, Rasul, Nabi-Nabi-Nya, serta semua ciptaan-Nya. Rajin beribadah, baik, dan melakukan semua perintah dan menajauhi larangan-Nya. Berikut para wanita muslimah yang dirindukan surga di zaman Rasulullah SAW seperti KHADIJAH BINTI KHUWALID RA ( wanita pertama yang memeluk agama islam, pertama kali sholat bersama Rasulullah, wanita yang pertama kali menganugerahkan keturunan baginya, wanita pertama yang pertama mendapat jaminan masuk surga, dan wanita yang rela mengorbankan semua hartanya untuk kepentingan agamanya. ), AISYAH BINTI ABU BAKAR ( wanita yang dianugerahkan Sembilan perkara, istri Rasulullah di Dunia dan Akhirat, kebahagian menaungi hidupnya ), FATIMAH BINTI RASULULLAH SAW ( Nabi Muhammad menyebutnya sebagai pemimpin para wanita surga ), MARYAM BINTI IMRAN ( satu-satunya wanita yang melahirkan putra tanpa seorang ayah, cintanya kepada Allah sangat luar biasa, salah satu wanita berasal Bani Israel yang masuk surga ), dan ASIYAH BINTI MUZAHIM ( istri Fir’aun adalah termasuk wanita terbaik penghuni surga dan dikenang abadi sampai hari kiamat, seorang wanita yang kuat imannya, berani mencari keselamatannya sendiri di tengah kekafiran ).

http://coghy.blogspot.com/2014/06/resensi-buku-saleh-is-me.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s